Cara Menghitung Bunga Deposito

Kalo ada yang berpikir perhitungan bunga deposito bulanan di Bank A dg bunga tahunan misal 5% adalah:

Nominal uang yang didepositokan x 5%

Anda salllah besaaaaaaaaarrrrrrrr!! Emang goblok banget c gw, namanya aja bunga tahunan… masa diitung perbulan..(doh)

Benerr benerrr dehhh.. Aku tertipu.. Eh lebih tepatnya c aku mengharap lebih tentang bunga deposito ini.., karena emang akunya yg ga tau, haha.. :((

Awalnya, ada temen diriku yg kerja tentang perbankan (catet ya..bukan di perbankan, tapi dia kerja menganalisa pelayanan dan produk perbankan) yang bilang gini.. “Wihh La, kalo kamu depositoin uang 5juta aja di Bank X, udah deh, kamu ga bakalan mikirin bayar kosan kita darimana.. bunga depositonya 10%!!” Dalam artian, kata beliau itu..perhitungan bunga deposito bulanan itu 10% x 5juta = 500rebu. Yaa gw mah percaya aja.. secara doi gaweannya tentang perbankan.. :P Wahh langsung aja diriku memutar otak, berpikir mo ngedepositoin duit yang ada ditabungan.. Tapiiii, gw mikirnya biar save yaudah depositonya di syariah aja biar halal gituuu.. meskipun bunga eh bagi hasilnya ga sebesar di bank konvensional :)

Tapi, karena realita tidak sesuai dengan teorinya :p, akhirnya gw search deh cara pehitungan bunga deposito, dan ternyata cara ngitungnya kyk gini nih:

Bunga deposito bulanan = (Nominal uang yg didepositokan)*(Bunga deposito Tahunan)*R *(1-pajak deposito)
dengan R = (jumlah hari dalam suatu bulan)/(jumlah hari dalam 1 tahun)
Pajak deposito saat ini = 20%

Jadi ketika anda mendepositokan uang misal 10juta dg bunga taunan 10%, maka perolehan bunga deposito bulanan untuk misal untuk bulan april:

= Rp. 10juta*10%*30/365*(1-20%)
= Rp. 32.876,71

Nahh segitulah kawan-kawan ternyata yang kita peroleh perbulannya.. Bahkan tidak sampai Rp 50ribu… T_T

Nahh kalo mo nyari tau mana yg lebih untung antara bunga tabungan, deposito, ato reksadana, perbandingan di beberapa bank dah dikupas di

http://bemabima.wordpress.com/2008/02/17/bunga-tabungan-deposito-dan-reksadana/

About these ads

About this entry